h:i a - l d F Y

Retno Pratiwi: “Terinspirasi Kesuksesan Orang Tua”

By Tria Haidar - Tue Oct 22, 8:15 am

Retno Pratiwi (mqradio.com/Tria-Haidar)

Retno Pratiwi (mqradio.com/Tria-Haidar)

Mqradio.com, Bantul – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Mungkin ungkapan itu yang tepat, untuk menggambarkan profil Sahabat yang satu ini.

Adalah Retno Pratiwi (19) atau akrab dipanggil Tiwi, Mahasiswa semester III Jurusan Pariwisata di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengaku terinsipirasi kesuksesan orang tuanya mengelola usaha batik kayu “Sanggar Peni” di Dusun Krebet RT 03, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Berawal dari kecintaannya terhadap seni dan budaya serta keinginannya untuk menyenangkan orang lain, gadis kelahiran Bantul 17 Maret 1994 ini, mulai ikut menggeluti bisnis batik kayu tersebut, sejak masih duduk di bangku SMA.

“sejauh ini saya masih di bagian pemasarannya, terutama untuk tamu-tamu dari manca negara seperti Suriname dan Australia yang akan “order” barang, biasanya kontaknya melalui saya. Atau kalau pas ada pameran, biasanya saya juga diminta untuk membantu” akunya kepada mqradio.com saat ditemui di kediamannya, baru-baru ini.

Tiwi juga berkeinginan untuk mengembangkan usaha ayah itu, namun dengan spesialisasi souvenir pernikahan. “Selama ini masih ada anggapan bahwa kerajinan model batik kayu ini hanya untuk kalangan orang tua saja. Sementara kalau bentuk-bentuk souvenir kan bisa untuk kalangan muda-muda juga”, tambahnya.

Berbagi waktu antara Kuliah dan Pekerjaan

Sebagai mahasiswa S1 yang masih aktif, Tiwi mau tidak mau harus bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Oleh karenanya, putri sulung bapak Kemiskidi ini menyiasatinya dengan membuat agenda kegiatan serta target-garget pekerjaan yang akan dicapai dalam 1 bulan. “Saya mulai membuat “planning” dan target seperti ini, sejak SMA. Mengingat padatnya kegiatan, maka jangan sampai ada yang “tabrakan” waktunya,” tandas Tiwi.

Meski begitu, saat memasuki masa ujian di kampus, biasanya Tiwi mengurangi kegiatannya di luar, dan berfokus untuk mempersiapkan ujian di kampus. Sementara saat waktunya luang, atau ketika merasa jenuh dengan rutinitasnya, membaca buku tentang pengembangan diri dan travelling bisa menjadi “obat” yang mujarab baginya. “paling butuh 1 atau 2 hari untuk mengembalikan mood”, katanya sembari tersenyum lebar.

Jalan-jalan pun sambil ‘belajar’

Produk batik kayu di Sanggar Peni Krebet (mqjogja.comTria Haidar)

Produk batik kayu di Sanggar Peni Krebet (mqjogja.comTria Haidar)

Sebagai orang yang hobby travelling, Tini beberapa kali menjelajah sejumlah daerah di nusantara maupun manca negara. “kalau jalan-jalan ke luar negeri baru Singapura. Dan itu travelling paling mengesankan, karena banyak hal yang saya temui di sana dan ‘culture’nya berbeda dengan di Indonesia”, ungkap Tiwi.

Memang, selain refreshing, gadis yang jago ber-cas-cis-cus dalam bahasa Inggris ini juga menyempatkan diri untuk mempelajari kebudayaan yang ada di masing-masing daerah. Namun kadang kepergiannya ke luar kota atau ke luar negeri murni untuk kepentingan pekerjaan saat ada pameran. Terakhir, 9 – 12 Oktober 2013 lalu, sulung dari 5 bersaudara ini mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI di Kedutaan Besar Ri di Thailand. “Kegiatan tersebut juga dalam rangka pertunjukan budaya dan pariwisata, yang digelar di mall terbesar di kawasan asia tenggara,” tandasnya.

Follow your passion!

Koleksi topeng batik di Sanggar Peni Krebet (mqjogja.comTria Haidar)

Koleksi topeng batik di Sanggar Peni Krebet (mqjogja.comTria Haidar)

Segudang pengalaman yang ia peroleh selama menggeluti dunia marketing, tidak lantas membuat Tiwi puas. Mimpinya untuk bisa membangun bisnis souvenir sendiri, serta mengembangkan tari dan karawitan di kampungnya agar bisa melenggang ke panggung internasional agaknya menjadi pemicu anak lulusan SMA N 6 Yogyakarta ini untuk terus belajar dan berkarya. Dia juga berpesan kepada kawula muda, “follow your passion” aja!”, katanya. (Tria)

Follow MQ 92.3 FM Jogja on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

2 Comments

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last
  1. 0

    wow keren, subhanallah, lanjutkan.

  2. 0

    Sangat menginspirasi, yang muda yang berjiwa enterpreneur
    BENIH IKAN
    RUMAH JOGJA

Comments -49 - 0 of 2First« PrevNext »Last

Leave a Reply